Pulau Kayangan – Wisata Bahari Yang Estetik Di Makassar

Pulau Kayangan merupakan tempat wisata yang memiliki panorama terindah dengan view kota yang sangat menawan. Pulau Kayangan berlokasi di Provinsi Sulawesi Selatan, Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Karena letaknya dekat dengan Kota Makassar sehingga wisata ini selalu menjadi pilihan destinasi wisata yang mudah untuk dijangkau.

Pulau Kayangan merupakan pulau yang tergolong sepi dengan luas sekitar satu hektar. Tempat ini dikelilingi gugusan karang dan memiliki pasir putih yang sangat indah. Saat malam hari, pulau ini akan menyuguhkan pemandangan yang berbeda dari pulau yang lain. Karena depan pulau ini, terdapat deretan kapal yang sangat sibuk dengan aktifitasnya. Dermaga Pulau Kayangan berdekatan dengan Pantai Losari. Lebih tepatnya berhadapan dengan Fort Rotterdam.

Baca Juga : 7 Wisata Unggulan Di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Jarak Tempuh Ke Pulau Kayangan

Jarak Kota Makassar  ke Kecamatan Ujung Pandang kurang lebih 4 Km dengan waktu tempuh sekitar 13 menit. Wisatawan JALAN-JALAN cukup menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat hingga tiba di dermaga. Sedangkan untuk menuju pulau Kayangan  berjarak 0.9 km dan membutuhkan waktu 15 menit. Untuk mencapai pulau ini, anda bisa menyewa perahu motor yang siap untuk disewa.

Tarif Wisata Pulau Kayangan

Anda yang ingin menikmati keindahan Pulau kayangan akan dikenakan biaya penyeberangan menggunakan perahu mesin sebesar  Rp 75.000 per orang untuk transport pulang pergi. Jadwal perahu beroperasi mulai dari jam 08.00 – 20.00 WITA. Sedangkan untuk tarif penginapan Pulau Kayangan biaya sewa berkisar Rp 100.000 – Rp 300.000.

Aktifitas Selama di Pulau Kayangan

Diving dan Snorkeling

Ketika wistawan menginjakkan kaki di Pulau Kayangan, hal yang ingin dilakukan adalah, diving dan snorkeling. Kegiatan ini dilakukan untuk melihat pemandangan di bawah laut yang eksotik, baik berupa terumbu karang maupun biota laut yang berlimpah. Perairan air di Pulau Kayangan sangat tenang, kendati demikian, ketika anda menyelam, anda harus memiliki lisensi khusus demi keamanan.

Melihat Spot Wisata Kapal Karam

Salah satu spot yang sangat menarik dari Pulau Kayanagn ini adalah Kapal Karam sisa Perang Dunia ke-2. Kapal ini sudah termakan usia sehingga kapal ini telah menjadi karang. Namun tetap sangat menyenangkan jika anda menyaksikan langsung secara dekat.

Nginap dan Camping

Untuk menikmati pesona Pulau Kayangan yang begitu memukau, anda juga bisa camping di kawasan ini. Cukup membawa peralatan camping saja, anda sudah bisa merasakan udara yang sangat segar dan suasana yang tenang di pulau ini. Selain itu, ada beberapa penginapan yang tersedia yang dapat menjadi pilihan. Dengan begitu anda bisa dengan bebas berjalan menyusuri pulau yang sangat indah ini.

Wisata Kuliner

Setelah menghabiskan waktu yang banyak untuk beraktifitas di pulau, pastilah perut anda terasa keroncongan dan minta untuk diisi. Restoran yang tersedia di Pulau ini sangatlah unik karena terlihat seperti dermaga dan terdapat di pinggir pantai. Restoran ini menawarkan menu-menu berupa makanan khas Makassar, seperti sup konro, pallu basa, dan pelengkap kesegaran yaitu es palu butung atau es pisang ijo.

Menikmati Fasilitas

Pulau Kayangan memfasilitasi gedung serba guna yang bisa digunakan untuk pertunjukan musik. Terdapat pula tempat bermain untuk anak-anak, sarana olahraga, dan anjungan untuk mereka yang suka memancing. Jadi anda yang ingin memancing, bisa langsung membawa peralatan mancing sendiri. Di sisi lain  dari Pulau Kayangan ini, terdapat sejumlah akuarium yang menampung beraneka ragam jenis ikan hias air laut. Mushola dan toilet umum juga telah tersedia. Selain itu daya tarik dari Pulau Kayang sendiri  adalah menikamti  panorama matahari terbenam (sunset) pergitraveling.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *