Masjid Gedhe Kauman – Wisata Religi Di Kota Yogyakarta

Wisata Masjid Gedhe Kauman – Kota Yogyakarta di kenal tidak hanya karena keindahan destinasi wisata yang beragam di hampir semua daerahnya. Tetapi juga menyimpan banyak situs religi yang sudah di akui sebagai cagar budaya. Salah satunya yaitu Masjid Gedhe Kauman yang berada di Alun-Alun Keraton, Jl. Kauman, Ngupasan tepatnya di Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Masjid-Gedhe-Kauman-Wisata-Religi-Di-Kota-Yogyakarta

Di mana merupakan salah satu tempat peribadatan bagi kaum muslim yang mempunyai latar belakang sejarah keraton. Masjid Gedhe Kauman sudah di akui sebagai cagar budaya dan berada Jalan Pekapalan Yogyakarta. Yaitu di sekitar alun-alun utara Keraton Yogyakarta. Berikut ini sudah JALAN-JALAN sediakan beberapa informasi tentang Wisata Masjid Gedhe Kauman.

Tentang Masjid Gedhe Kauman

Masjid Gedhe Kauman merupakan salah satu masjid tertua yang telah berdiri semenjak 247 tahun yang lalu. Selain itu, di Masjid Gedhe Kauman juga di adakan acara keagamaan seperti pengajian juga perayaan hari-hari besar agama islam. Pengunjung juga bisa melihat berbagai ornamen menarik juga mempunyai sejarah yang panjang serta ada filosofi dari setiap bangunannya. Hal tersebut juga dukung oleh perpustakaan yang ada di samping masjid Masjid ini. Masjid Gedhe Kauman adalah milik keraton Yogyakarta. Serta di kelola secara langsung oleh para takmir yang memiliki peran sebagai volunteer di Masjid.

Baca Juga : Warungboto – Situs Cagar Budaya Yang Populer Di Yogyakarta

Masjid ini sangatlah mudah untuk di temukan, tepatnya yaitu karena telah berada di pusat kota Yogyakarta. Tidak hanya itu, Masjid Gedhe Kauman juga dapat di akses lewat maps serta semua bentuk transportasi bisa di pakai untuk menuju ke Masjid. Sebagai masjid yang bersejarah, Masjid ini juga mempunyai fasilitas radio yaitu SAKA yang adalah salah satu fasilitas (amenitas) yang terdapat disana.

Fasilitas Di Masjid Gedhe Kauman

Masjid-Gedhe-Kauman-Wisata-Religi-Di-Yogyakarta

Berikutnya, Masjid ini telah di lengkapi dengan lahan parkiran yang luas, toilet perempuan yang di pisah dengan laki-laki. Juga tempat makan seperti angkringan, tempat wudu dan warung. Hal ini tentunya di dukung karena terdapat kelembagaan (ancillary) yang sediakan layanan tambahan seperti penutup aurat untuk wisatawan asing/beragam. Selain untuk muslim seperti mukena dan juga sarung. Jadi Masjid Gedhe Kauman juga dapat di kunjungi oleh berbagai kalangan. Suasana pada Masjid ini sangatlah nyaman karena masyarakat lokal pada area setempat begitu ramah.

Posisi masjid ini sangatlah strategis dan berada pada pusat kota Yogyakarta, sehingga ada sejumlah penginapan yang tersedia untuk wisatawan. Tentunya sangat di rekomendasikan untuk anda yang ingin lebih dekat dengan masjid pergitraveling.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *