De Tjolomadoe – Wisata Edukasi Untuk Liburan Keluarga

De Tjolomadoe merupakan sebuah obyek wisata edukasi yang menempati bangunan tua bekas Pabrik Gula Colomadu. Pabrik Gula Colomadu yang mana berhenti berproduksi pada tahun 1998 kini sudah di revitalisasi jadi tempat wisata. Serta kawasan komersial terkenal yang hits yaitu De Tjolomadoe.

De-Tjolomadoe-Wisata-Edukasi-Untuk-Liburan-Keluarga

Walaupun sudah di revitalisasi, namun bentuk bangunan pabrik gula tersebut masih di pertahankan secara lengkap dengan cerobong asapnya. Lokasi De Tjolomadoe ada di Jalan Adi Sucipto No. 1 Malangjiwan tepatnya di Colomadu, Karanganyar. Simak ulasan dari JALAN-JALAN tentang wisata menarik berikut ini.

Akses Wisata De Tjolomadoe

Untuk dapat merasakan keseruan di Kawasan De Tjolomadoe, pengunjung tidak akan di kenakan tiket masuk. Tetapi jika anda menyewa fasilitas Scooter Otoped serta Harley Otoped, maka anda akan di kenakan tarif tambahan. Harga sewa Scooter Otoped yaitu Rp 25.000 setiap 30 menit lalu Rp 45.000 untuk 60 menit. Juga untuk harga sewa Harley Otoped yaitu Rp 35.000/30 menit dan Rp 65.000 untuk 60 menit.

Kemudian jika anda ingin masuk ke dalam museum De Tjolomadoe, maka anda akan di kenakan harga tiket masuk senilai Rp 35.000/orang. Jam buka museum De Tjolomadoe yaitu setiap hari Selasa sampai Minggu mulai pada pukul 10:00 hingga 17:00 WIB. Lalu setiap hari Senin museum ini di jadwalkan tutup.

Baca Juga : Danau Siombak – Wisata Alam Yang Indah Dan Menarik Di Marelan

Sejarah Serta Daya Tarik Wisata De Tjolomadoe

De-Tjolomadoe-Wisata-Edukasi-Untuk-Liburan-Bersama-Keluarga

Pabrik Gula Colomadu merupakan sebuah tempat pengolahan tebu jadi gula yang mana di bangun pada tanggal 8 Desember 1861 oleh Mangkunegara IV di Karanganyar. Pabrik Gula Colomadu sendiri jadi pabrik gula pertama di daerah Jawa serta di bangun oleh pribumi yang beroperasi pada tahun 1863.

Istilah Colo di namanya mempunyai arti gunung, oleh karena itu Colomadu memiliki makna gunung madu. Seiring dengan berjalannya waktu, maka Pabrik Gula Colomadu pada akhirnya berhenti berproduksi di tahun 1998. Kompleks pabrik gula yang di lengkapi oleh bangunan rumah sakit, tempat hiburan, sekolah serta rumah dinas. Lalu direvitalisasi jadi tempat wisata sekaligus jadi kawasan bisnis.

Revitalisasi Pabrik Gula Colomadu juga di lakukan pada tanggal 8 April 2017 dengan tetap mempertahankan nilai. Juga kekayaan historis yang ada melalui museum ini. Tidak hanya itu, kawasan wisata De Tjolomadoe juga mempunyai daya tarik dengan adanya pusat kebudayaan, venue rapat, tempat konser, pameran serta venue komersial seperti cafe.

Jika kesini, anda tidak hanya bisa berkunjung ke wisata museum ataupun mengikuti event yang di adakan di wisata ini saja. Tetapi anda juga dapat berkunjung untuk mengabadikan moment dengan mengambil gambar di beberapa spot Instagramable. Yang mana ada pada sekitar bangunan pabrik gula ini. Anda juga dapat memanfaatkan kawasan ini untuk berolahraga di antaranya bersepeda, jogging, maupun melakukan senam bersama yang di adakan oleh komunitas pergitraveling.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *