|

Malino – Surganya Air Terjun Yang Harus Dikunjungi

Malino, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan, memiliki banyak objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satunya Wisata Air Terjun dengan keunikan tersendiri. Wisatawan yang ingin memanjakan diri dengan kesegaran air yang langsung dari mata air sering jadikan wisata ini sebagai tujuan untuk rekreasi.

Beberapa air terjun di Malino belum terlalu ramai dikunjungi namun tetap memberi kesan yang baik. Air yang jernih, alam yang masih terpelihara dengan baik, membuat kita merasa tenang dan menikmati ciptaan Tuhan. Berikut beberapa penjelasan tentang wisata air terjun di Malino.

Air Terjun Takapala

Pesona Air Terjun Takapala sudah tidak diragukan lagi oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Air Terjun Takapala selalu jadi target utama wisatawan.  Air Terjun yang terdapat di Malino ini memiliki ketinggian 109 meter dengan menyajikan pemandangan yang indah serta sensasi udara  yang segar dan dingin. Dari tempat parkir menuju air terjun, wisatawan perlu mendaki berjarak 20 meter. Tarif masuk Rp.10.000,- dengan biaya parkir motor Rp. 2.000,- dan mobil Rp. 5.000,-. Wisata ini sudah tersedia tempat makan, tempat santai, penginapan, hingga toilet umum. Aliran arus air terjun ini sangat deras tepat di tengah-tengah kolam. Wisatawan JALAN-JALAN bisa mandi dia air terjun ini, namun harus tetap berhati-hati. Perjalanan menuju Air Terjun Takapala disuguhkan dengan melihat perkebunan teh, hutan pinus, taman bunga anggrek bahkan melihat tugu Deklrasi Malino.

Baca juga : 6 Rekomendasi Wisata Terpopuler Di Malino

Air Terjun  Biroro

Air Terjun Biroro memilik ketinggian sekitar 15 meter. Berlokasi di Desa Biroro,  Kecamatan Tinggimoncong. Air terjun ini menyajikan pemandangan yang indah, dan di kelilingi pepohonan yang rindang. Menambah suasana di sekitar air terjun menjadi asri dan sejuk. Air terjun Biroro sangat cocok untuk bersantai, healing bersama keluarga, teman bahkan pasangan. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan air terjun yang cantik ini, perlu jalan kaki sejauh 200 meter dari area parkir. Untuk menuju air terjun ini, wistawan akan di temani dengan pemandangan sawah, pohon bambu kemudian akan memasuki wilayah hutan. Air yang begitu sejuk dan jernih, tentu saja menggoda setiap orang untuk mendekatinya. Terdapat batuan besar di aliran sungai menambah keunikan dari air  terjun ini.

Air Terjun Ketemu Jodoh

Dari namanya saja, sudah membuat semua  orang penasaran. Air terjun ini menyimpan kisah misteri yang terkenal di Sulawesi selatan. Wisata ini memiliki keunikan tersendiri karena air terjun ini mempunyai 2 kolam dan 2 air terjun dengan posisi vertical. Air Terjun Ketemu Jodoh dikenal akan hawanya yang sangat sejuk dengan memiliki ketinggian mencapai 30 meter. Perjalanan menuju Air Terjun ini sangat seru dan penuh tantangan karena wisatawan akan menaiki tanjakan, menuruni jalan yang curam dan melewati jalan yang berkelok. Terdapat kolam alami dengan aliran air yang cukup deras. Air terjun ini dikenal sebagai tempat untuk orang melakukan kegiatan camping. Dengan membawa tenda sendiri dan perbekalan yang cukup wisatawan sudah bisa merasakan suasana hutan yang alami, dengan melihat pemandangan yang indah dan pohon yang hijau. Wistawan juga bisa bebas bermain bahkan mandi di kolam air yang begitu jernih.

Air Terjun Salewangan

Salah satu rekomendasi air Terjun Malino yang sangat indah untuk dikunjungi  adalah Air Terjun Salewangan. Air Terjun ini memiliki keindahan alam yang sangat asri dengan pepohonan yang  hijau serta memiliki suasana yang alami dengan hawa yang sejuk. Air Terjun Salewangan terkenal dengan panorama tebing bebatuan yang besar dengan ketinggian mencapai 15 meter. Di dekat air trejun, wisatawan bisa merasakan hawa yang sangat segar. Percikan air yang begitu deras mengakibatkan suhu menjadi lembap. Sekeliling bebatuan menjadi basah seolah-olah selalu disiram. Hal yang menariknya adalah, bebatuan yang besar ini diselumuti lumut yang hidup bahkan pohon-pohon juga dihinggapi lumut. Wisatawan dapat duduk santai dia atas batu sembari membasahi kaki dan menikmati pemandanagn yang begitu memukau. Perjalanan panjang akan terbayar ketika tiba di lokasi ini. Walaupun dikenal dengan medan yang begitu sulit namun sangat menyehatkan tubuh kita.

Air Terjun Parang Bugisi

Wisatawan selalu mengincar wisata ini untuk mencari ketenangan, bersantai sambil menikmati keindahan alam.  Air Terjun yang jarak  5 kilometer dari Hutan Pinus ini memberi  suasana alam sekitar tampak begitu asri. Akses menuju air terjun ini sudah beraspal. Setibanya wisatawan di area parkir, wisatawan akan berjalan kaki sepanjang 1 kilometer untuk mencapai loaksi wisata. Tinggi air terjun ini mencapai 10 meter, walaupun tidak terlalu tinggi seperti air terjun lainnya namun memberi sensasi panorama yang  indah. Dengan banyak batu-batuan di sekitar air terjun, wisatawan bisa menghilangkan penat denagn mencelupkkan kaki di dalam air sambil menghirup udara segar.

Air Terjun Lembanna

Obejek wisata ini berada di Desa Lembana, di kawasan Gunung Bawakaraeng Malino. Air Terjun ini cukup terkenal karena berada di Lembah Ramma dengan ketinggian mencapai 20 meter. Perbukitan yang menjulang tinggi, sebalah kiri dan kanan membuat panaroma di sekitar menjadi sangat mempesona. Tempat ini menjadi daya tarik wisatawan yang ingin berkunjung. Air yang cukup jernih dan aliran air tidak terlalu deras. Wisatawan tidak akan merasa bosan karena sekeliling air terjun ini sangat asri dengan kicauan burung yang begitu merdu. Tersedia tempat makan dan penginapan. Para pendaki sering menyebut lokasi ini sebagai tempat peristirahatan setalah melakukan pendakian untuk membersihkan diri bahkan mengisi persedian air pergitraveling.com.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *